24 Feb 2011

Jelangkung - Iseng Iseng Menegangkan

Datang tak dijemput pulang tak diantar.. 

Seperti itulah cuplikan lagu permainan kuno yang biasa disebut “Jelangkung”. Dari namanya saja kita pasti sudah dapat membayangkan bentuknya yak an?.

Permainan ini adalah permainan yang biasa dimainkan pada zaman dahulu terutama di pulau Jawa. Biasanya dimainkan di sawah dengan orang-orangan sawah pada saat bulan purnama oleh petani-petani untuk sekedar iseng.
Kenapa iseng? Karena pemanggil biasanya hanya bertanya nama jelangkung , mati di tahun berapa, sebab kematianya, tidak sedikit pula yang bertanya tentang ramalan masa mendatang, walau belum tentu benar. Tentu saja dijawab menggunakan alat tulis yang disediakan.

Tapi permainan “iseng” ini bukan main-main karena kita berurusan langsung dengan yang namanya makhluk lain. Kalau sipemanggil kosong , dalam artian tanpa disertai ilmu supranatural / tenaga dalam, bias saja beresiko masuk ke dalam tubuh si pemanggil. Biasanya sijelangkung ini juga minta imbalan karena sudah mau memenuhi panggilan si pemanggil. Biasanya minta diantar ke suatu obyek , minta sesajen yang aneh-aneh, dll.

Jadi jangan pernah mencoba permainan ini tanpa pengawasan orang yang sudah ahlinya.


0 komentar:

Posting Komentar