19 Jun 2011

Dunia Makhluk Halus

Seperti yang kita ketahui, di bumi ini kita tidak hidup sendiri. Ada berbagai macam mahluk di bumi kita ini.Mahluk halus. Memang tidak pernah bosan jika membicarakan hal yang satu ini. Mahluk halus ada dua, yaitu mahluk halus yang memang ditakdirkan sedari diciptakan benar-benar menjadi mahluk halus , dan manusia yang sudah mati yang masih punya semacam 'hutang' dan tidak bisa tenang di alam kuburnya.



Dari berbagai sumber yang saya dapat, dimensi di bumi , setidaknya yang ada di pulau jawa antara lain:


1. Merkayangan
Di dimensi ini, mahluk halus hidup layaknya manusia biasa , makan , minum , bekerja , buang air , dll. Tapi di dimensi ini tidak ada dunia siang seperti di dunia kita , hanya ada malam hari yang diterangi bulan. Mereka bahkan bisa mendatangkan manusia ke dunia mereka untuk keperluan seperti menjadi dalang. Saya kenal seseorang yang pernah diundang di dunia ini, menjadi seorang dalang. Ya, dia dibayar dengan uang dunia kita, tapi saat si dalang melewati desa yang pernah dia singgahi, desa itu ternyata hanya ladang. Bingung?

2. Dunia jin
Dunia ini memang dunia yang paling terkenal. Isinya ya cuma jin dan siluman.Kebanyakan ada di perairan seperti laut, danau , dll.Contoh paling umum mana lagi kalau bukan laut selatan... Di dunia ini sistemnya kepemimpinanya semacam kerajaan kuno.

3. Demit
Pasti pembaca juga akrab dengan nama ini. Demit biasanya tinggal di daerah hutan belantara di pegunungan yang sejuk. Sebenarnya bentuk mereka ini menyerupai manusia tapi kerdil.

4. Kajiman

Diantara dimensi-dimensi tersebut, ada juga tempat bagi arwah manusia yang tidak suci. Menurut kepercayaan orang jawa, manusia itu lahir suci dan kembali juga harus dalam keadaan suci. Mereka dalah orang-orang yang menyerahkan diri mereka pada jalan setan, seperti sebagai medium pemujaan setan (dukun) atau orang yang semasa hidupnya mempunyai pesugihan.

Kalau menurut kerabat saya , ada 7 macam dimensi yang pernah di ketahui di pulau jawa, tapi sumbernya ga jelas..Insya Allah saya sambung di postingan lain


0 komentar:

Posting Komentar